Lompat ke isi utama

Berita

Laksanakan Apel Siaga, Bawaslu Kota Binjai Beserta Jajaran Pengawas AdHoc Siap Awasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024 di Kota Binjai

Apel Siaga bersama dengan pengawas AdHoc dan Forkopimda
Ketua Bawaslu Kota Binjai lakukan pemeriksaan barisan bersama dengan Forkopimda

 

 

Binjai-Bawaslu Kota Binjai Laksanakan Apel Siaga Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024 di Lapangan Merdeka Kota Binjai pada hari Selasa (13/2/2024)

Selaku Pembina Apel, Ketua Bawaslu Kota Binjai menyampaikan dalam pidatonya bahwa Apel siaga dimaksudkan untuk mempersiapkan Penyelenggara Adhoc Bawaslu Kota Binjai dalam menjalankan tugasnya selama tahapan pemungutan dan penghitungan suara. "PTPS adalah perpanjangan tangan Bawaslu dalam menjalankan tugas yang diamanatkan oleh undang-undang untuk mengawal jalannya pemilu dan menjamin pemilu berjalan sesuai arah yang ditetapkan undang-undang, jujur, adil dan berintegritas" pungkasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa Tahapan Pemungutan dan penghitungan suara pada 14 Februari 2024 merupakan muara dari proses demokrasi. Suara rakyat adalah hal terpenting dalam negara demokratis, di mana suara ini akan menentukan arah bangsa kedepannya selama lima tahun mendatang. Suara rakyat untuk memilih calon presiden dan wakil presiden serta anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota ini perlu dikawal dengan seksama untuk menciptakan Pemilu yang berasaskan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. 

"Penyelenggara Pemilu, baik KPU dan Bawaslu merupakan elemen penting dalam mewujudkan harapan rakyat untuk pemilu yang berintegritas. Namun, perlu disadari bersama bahwa dalam mengawal pemilu juga perlu melibatkan elemen masyarakat di dalamnya, karena pemilu ini adalah milik kita bersama dan menciptakan pemilu yang menjiwai semangat kejujuran dan keadilan merupakan tanggung jawab bersama" tambahnya.

Selesai Apel Siaga, kegiatan dilanjutkan dengan patroli pengawasan yang diikuti oleh seluruh jajaran pengawas AdHoc di Kota Binjai. Dalam Kegiatan ini, Bawaslu Kota Binjai mengundang lebih dari 1000 peserta yang berasal dari seluruh elemen Forkopimda, Muspida, Muspicam, Multi Stakeholder, serta jajaran Pengawas Kecamatan, Kelurahan, dan TPS se-Kota Binjai. 

 

Ketua Bawaslu Kota Binjai Lakukan Pemeriksaan Barisan
Ketua Bawaslu Kota Binjai beserta Forkopimda melakukan pemeriksaan barisan apel siaga

Penulis dan Foto: Wina Fitri Editor: Wina Fitri